Thursday, January 26, 2012

Dibalik Seragam Hijau Dokter Bedah

Bonsoir!
Selamat malam para pembaca, salam olah kata.
Malam ini gw ingin sedikit membahas hal sederhana, namun sering kali luput dari pengamatan mata telanjang kita (emang ada mata pake baju?).

Dan kali ini gw akan mengangkat sebuah fakta dari profesi dokter bedah, yaitu; mengapa seragam dokter bedah berwarna hijau?
Nah, semua fakta dan opini tentang hal itu akan dikupas secara tajam, setajam...gunting! *gaya Peniti Bros

Jadi kembali ke tank...top!
Seperti yg kita tahu bahwa hampir seluruh profesi dokter memakai seragam berwarna pink (so sweet...), eh maksud gw berwarna putih saat prakteknya. Tapi ada 1 dokter yg tidak menggunakan seragam berwarna putih, yaitu dokter cabul! Ehm! Maaf, maksud gw dokter bedah.

So? Begitu kenapa? Apa alasannya? Why?

Ternyata hal ini dikarenakan saat melakukan pembedahan seorang dokter bedah akan sering melihat darah dan organ-organ dalam manusia maupun hewan yg berwarna merah. Dan terlalu sering melihat warna merah akan mengakibatkan sinyal warna merah di otak kita menipis kesensitifitasannya.

(nih salah satu roda warna yg paling sederhana)
Alasan lain yg tidak kalah pentingnya sepenting wajah ganteng gw (jijaii!) yaitu, jika terus-menerus berfokus pada warna merah akan menyebabkan ilusi nofa berwarna hijau pada latar berwarna terang atau berwarna putih. Dan hal ini akan mengganggu pengelihatan si dokter itu sendiri. Sehingga dipilihlah warna hijau. Selain karena warna hijau dapat menyegarkan mata, dalam roda warna, hijau adalah lawan dari warna merah. Dan tentunya warna hijau dapat memudarkan ilusi nofa yg gw katakan tadi sehingga penggelihatan si dokter tidak akan terganggu.

Jadi alasannya ternyata sangat bagus sekali. Bukan hanya sekedar untuk gaya atau karena pengen tampil beda (songong banget kalo iya).



Nah, ternyata hal-hal kecil di sekitar kita yg luput dari pengamatan dan sering dianggap sepele sebenarnya menyimpan sebuah pengetahuan baru buat kita. So guys, ini mengandung pelajaran sendiri buat kita semua. Jangan sepelekan hal-hal kecil di sekitar kita, karena siapa tahu hal itu mengandung makna yg besar dan penting. Jadi jangan sepelekan tahi lalat kecil gw karena banyak rejeki yg sudah dihasilkannya. Hahahaaa...

Gunakan lajur kanan untuk mendahului
--fin

No comments:

Post a Comment