Wednesday, January 25, 2012

Road to BDK Palembang: Final Step (Part II)

*tetterreeeett teteteettetetett tetterrreeeetttt (bunyi terompet)
*psyuuu... jdum! jdum! duarr! duaarr! (bunyi petasan dan kembang api)
*jgeerrr!!! BLAR!! (meledak)
KEBAKARAN! KEBAKARAN! Uwwoooo!! KEBAKARAN!!!
#autis
(efek kesalahan teknis)

Ehm! Maaf, ada sedikit kesalahan teknis tadi (kecelakaan teknis tepatnya).
Maksud gw mau memberi pembukaan yg meriah untuk posting kali ini, tapi yg namanya takdir itu memang cukup mengerikan. Jadi kenapa gw mempersiapkan pembukaan yg meriah kali ini?
Yak, karena malam ini gw akan menerbitkan posting terakhir bagian ke dua dari seri Road to BDK Palembang.

Yaah, tapi berhubung pembukaannya hancur belur dan babak lebur, jadi kita langsung saja ke cerita.
Okay! Langsung ke TKP (Tempat Kesialan Pengarang):

    Diceritakan sebelumnya gw dengan beruntungnya berhasil lolos tes tahap ke-3 USM STAN untuk Tahun Siksaan 2011-2012. Dan setelah melalui perhelatan dahsyat selama kurang lebih 2 bulan di Jakarta, kali ini gw putuskan untuk angkat koper dari Ibu Kota dan kembali ke Palembang untuk menempuh pendidikan STAN di BDK (Balai Diklat Keduitan *Keuangan maksudnya).

    Seperti yg kalian ketahui dari cerita sebelumnya bahwa entah karena kutukan Dewi Kwan Im atau karena kebodohan tingkah gw sendiri, dengan suksesnya gw bangun kesiangan dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta nggak kurang dari pukul 6.30 pagi yg seharusnya gw sudah check-in paling nggak pukul 6.00 pagi.

(biar lebih jelas, liat peta nih)
    Sebenarnya bisa aja sih gw tiba lebih awal di terminal 1A (terminal untuk maskapai yg gw pilih waktu itu), tapi lagi-lagi kutukan Dewi Athena menyertai gw. Kenapa? Gw ketiduran cuy di Bus Damri! Kalo cuma ketiduran sih nggak masalah, tapi yg jadi masalah di sini gw kelewatan turun di terminal 1A! Itu belum seberapa kalo gw masih bisa turun di terminal 1B atau paling sial 1C lah. Tapi ya itu tadi, kutukan Dewi Isis masih melekat dalam diri gw (kok kesannya gw manusia terkutuk ya???). Dengan sialnya gw bangun pas banget di terminal 2D! Dan untuk balik ke terminal 1A harus muter balik pake taxi pemirsa!


    Hadeehh... udah telat berangkat, ketiduran, salah turun terminal pula. Ini nih penerapan secara langsung dari peribahasa; sudah jatuh tertimpa tangga dicolek Surya pula *cewek(?) kelas tetangga. Gw sedikit kesel nih sama kondekturnya, masa bangunin gw di terminal 2D yg penerbangan luar negeri? Gw tau tampang gw keren kayak bule (bule Afrika!), tapi kan paling nggak bisa bangunin gw di terminal 1C dulu donk?? Yah, tapi mau gimana lagi, gw juga salah sih.

    Akhirnya dengan wajah pasrah kayak mau dicium Katy Perry (ini sih lain pasrahnya), gw muter balik naik taxi ke terminal 1A. Dengan harap-harap cemas bagaikan orang ngantri di WC umum (ada gitu hubungannya?), gw check-in nih.

Petugas: "Maaf pak, bapak terlambat. Pesawatnya sudah berangkat 10 menit yg lalu"
Gw: #hening
Petugas: "Pak? Maaf pak?" *mulai ketakutan
(selang yg ini nih)
Gw: "Oh, oke." *stay cool

 Akhirnya gw pergi ke toilet terdekat dan nangis di bawah shower. Tapi berhubung nggak ada shower, jadi gw pake selang toilet. Yg penting kayak di film deh.

Ehm! Maaf, lagi-lagi khayalan tingkat tinggi gw muncul.
Jadi, kembali ke tank....top!



    Nah, yg bener gini nih;

"Maaf pak pesawatnya sudah berangkat 10 menit yg lalu"
"Jadi gimana mas? Bisa pindah jadwal?" (cemas)
"Bisa dipindah ke jadwal lain pak" (ni orang manggil gw "pak" terus dari tadi, masih baby face gini juga *jangan ganti y jadi i)
"Oh, kapan itu?"
"Adanya untuk penerbangan sore hari pak, jam 15.30"
 "Oh..." #galau

    Kalian pikir deh, pada saat itu waktu menunjukkan pukul 7.00 pemirsa! Jadi 8 jam ke depan gw mau kemana coba? Sedangkan barang bawaan gw waktu itu udah kayak warga kampung kena gusur pemerintah, 1 koper, 1 tas travel, sm 1 tas ransel. Ckckck...

    Tapi mau gimana lagi? Mau pesen tiket lagi? Nggak bisa, waktunya nggak cukup. Gw perlu waktu di Palembang ntar untuk nyiapin berkas-berkas buat keperluan daftar ulang, sedangkan untuk dapet tiket murah harus pesen tiket paling nggak 3 hari sebelum keberangkatan. Mau pesen tiket hari ini juga? Waduh bisa 500 ribu lebih harganya masbro. Dan akhirnya terfikir 1 ide brilian di otak gw; cari satu penumpang tujuan Palembang, ajak kenalan, pura-pura baik, culik, bunuh di tempat, dan ambil tiketnya. Hahahaa...!

    Ehm! Maaf, lagi-lagi Jin Iffrit dalam diri gw ikut berbisik.
    Jadi gimana solusinya? Mau nggak mau, suka nggak suka, cinta nggak cinta, gw harus terima lamarannya Scarlet Johansson kali ini. Lho?! Nggak, becanda kok. Maksudnya mau nggak mau gw harus ngambil jadwal jam 15.30 itu. Biarlah gw nunggu di bandara sampe gw berubah jadi Prasasti Bandara Soekarno-Hatta. Yg penting gw bisa pulang hari itu.

(mungkin ini yg akan terjadi waktu itu)

    Selesaikah masalahnya? Gw berharap begitu, tapi kutukan Dewi Hera berkata; Ooo... tidak bisaaaa! Dan ternyata benar, waktu gw ke loket bagian pindah jadwal gara-gara terlambat (jelek banget ya nama loketnya? Versi gw nih) ternyata ada biaya tambahannya pemirsa. Oke lah, kalo cuma 100-200 ribu nggak ada masalah buat gw, tapi kalian tahu berapa biaya tambahannya? 400 ribu pemirsa, 400 ratus ribu! Kalian tahu betapa menderitanya jiwa raga ini mendengar nominal itu? *mendramatisir.

   Di sini gw semakin mempertimbangkan untuk bunuh diri saat itu juga. Tapi berkat semangat dari orang-orang yg sudah berharap banyak terhadap gw dan juga semangat dari seluruh penduduk Bumi akhirnya gw berhasil mengumpulkan 7 buah Dragon Ball dan memanggil Dewa Naga (?).



    Hehehee.. Maaf, itu tadi sinopsis dari film terbaru gw; The Degan-Ball.
    Nah, kembali ke tank....top!

    Nah berhubung tekad gw sudah bulat untuk pulang hari itu juga, jadi 400 ribu pun tetap gw usahakan. Begitu narik duit di ATM, ternyata saldonya cuma bisa keambil 350 ribu. Cek saldo di dompet, waduh! Isinya bikin gw meneteskan air mata haru; kosong. Terpaksa deh gw pakai pilihan bantuan terakhir; phone a friend. Dalam kasus gw, phone a Emak.

(ilustrasi gw waktu telefon nyokap)
    Yah...padahal sebisa mungkin gw nggak mau ngerepotin ortu. Mungkin, lebih tepat kalo dibilang gw nggak mau ngasih tau ortu, males diomelin. Hehehee... Tapi ya itu tadi, keluarga memang tempat pertolongan terakhir kita. Akhirnya dengan jangtung yg sudah dag-dig-dug-derr, gw telefon nyokap di rumah. Nggak perlu diceritakan gimana percakapan gw sama nyokap, terlalu mengerikan. Intinya sudah pasti gw dikirimin uang lagi, tapi tentunya diikuti dengan ceramah ala Chef Farah Quinn. Lho?? Nggak, maksud gw sudah pasti diikuti dengan omelan dan nasihat seputar kebodohan gw hari itu. Yah, mau gimana lagi? Terima aja, memang semua ini salah para pembaca kok, eh nggak ding, salah gw maksudnya.

    Dan setelah melalui cobaan yg berat di telefon, akhirnya SMS yg ditunggu pun datang;
    "Uangmu sudah dikirim, anakku yg pinter!" #JLEB
    Kata-kata terakhirnya itu lho, menusuk jantung, menyentuh jiwa, dan mengguncang iman sekali pemirsa. Dan akhirnya lagi-lagi gw pergi ke mesin ATM. Nah, apakah kalian pikir kutukan gw selesai begitu saja? Lagi-lagi gw berharap begitu, namun lagi-lagi juga, kutukan dari para Dewi tetap menghujani gw. Dan kali ini Dewi Aphrodite lah yg menurunkan kutukannya. Apa yg terjadi? It's time to....QUIZ!!!

a. Kartu ATM gw hilang
b. Dompet gw hilang
c. Otak gw hilang
d. Dengkul gw hilang, atau
e. Kartu Timezone gw hilang (penting?)

(cool kan?)

     Silahkan kirim jawaban kalian ke e-mail gw, bagi pemirsa yg beruntung akan mendapatkan paket menginap 3 hari 2 malam bersama gw plus kecupan hangat dari Ronaldinho (jarang-jarang lho dikecup pemain bola). Haahahaa... Cuma bercanda kok.


    Jadi apa jawabannya? Yak, a. Kartu ATM gw HILANG!!!


    Kebayangkan gimana persaan gw waktu itu? Udah tinggal 1 langkah lagi buat pindah jadwal penerbangan, tinggal ngambil duit kiriman dan bayar, eehh...kartu ATM malah lenyap entah kemana. Kalo gw inget-inget lagi kayaknya waktu terakhir ngambil duit, udah gw simpen lagi tu kartu ATM. Jadi kemana gerangan perginya?? Entahlah, gw juga bingung selip dimana tu kartu ATM. Udah gw misscall, gw SMS, gw chat lewat YM, masih nggak ada respon (itu kartu hi-tech banget ya?). Yah...intinya sampai sekarang masih belum diketahui dimana gerangan benda keramat tersebut.
(try this one)

    Nah, kembali ke tank....top!
    Akhirnya gw pasrah banget di situ, bingung harus gimana. Terjebak antara hidup dan mati, emosi dan erosi (?). Tapi memang benar, dalam setiap bencana selalu ada jalan untuk sebuah perbaikan. Kata-kata ini gw dapat dari salah satu game favorit gw; "In the face of disaster lies opportunity for renewal". Ini game lama sih, tapi masih sangat pantas untuk kalian coba (gw aja udah tamat 3x). Judulnya Shin Megami Tensei: Persona 4, khusus untuk konsol PS2.


    Nah, dalam hal ini "renewal" yg gw maksud adalah kakak sepupu gw yg pernah gw singgung dicerita Kambing Kurban. Jadi, kepada beliau ini lah gw mengadu soal kebodohan yg gw buat hari ini. Dan dengan sabarnya, sepupu gw bela-belain dateng ke bandara untuk minjemin duit demi gw. Ooo...so sweet... Melihat sosoknya turun dari Damri khusus bandara itu bagaikan melihat sosok malaikat pencabut nyawa turun dari langit. Lho?! Becanda, maksud gw bagai melihat Spiderman yg datang menolong Mary Jane (Mary Janenya gw gitu?? Hoeekk!!). Lebih-lebih gw malah ditraktir makan sama dia. Waduh, jadi nggak enak banget sama sepupu gw yg satu ini.

    Dan kedatangan sepupu gw ini tampaknya menjadi penutup bagi semua kutukan gw untuk hari itu. Entah karena itu, atau memang para Dewi sudah mulai bosan mengutuk gw. Yah, setidaknya untuk hari itu gw bisa merasa lega karena semuanya sudah terselesaikan dengan cukup baik. Walaupun setelah itu gw harus membatu di bandara sampai selama 8 jam. Dan tidak ketinggalan ceramah 3 hari 3 malam dari kedua ortu gw tercinta. Yg terpenting jangan lupa, isi dompet sama tabungan gw ludes tak bersisa. Huueeeee.... (jelek banget pasti nangisnya)

    Hhh...paling nggak gw bisa pulang lagi ke Palembang dengan jiwa dan raga yg utuh dan gw bisa menjalani hidup gw kayak sekarang ini, kuliah di tempat yg cukup membuat stres tapi untungnya gw dapet kelas yg tingkahnya cukup stres sehingga ibarat rumus matematika; minus kali minus hasilnya plus. Sedikit bocoran nih, gw udah ada rencana mau buat cerita soal kelas "unik" gw ini. So, stay tune ya di blog penuh kutukan kesayangan kita ini; Mix and Mate.

Mertua bijak, menantu anak pajak

--fin

2 comments:

  1. haha,,
    ga kebayang mukanya, rafif pas tu kartu ATM ilang XD haha

    ReplyDelete
  2. hahahahah aku selalu ngaka bcanya :D

    pdahal ga sengaja ketemu di gugel blog ini. tetaplah menulis wahai anak adam!

    ReplyDelete