Friday, December 30, 2011

Kambing Qurban

Bonsoir!
Hari ini Jum'at 30 Desember 2011, dan itu artinya.... yak, udah akhir bulan berarti anak-anak kost udah pada ganti daftar menu. Yg tadi menu makannya rame kayak; nasi ikan, nasi ayam goreng, nasi soto daging, kambing guling, lobster guling (widih, gimana tu?), dsb, sekarang pasti udah pada menyamakan suara untuk ganti menu menjadiii.... Indomie! Itu pun syukur-syukur bisa 3x sehari.

Kenapa gw bisa bilang gitu? Karena gw juga sempet jadi anak kost walaupun cuma 2 bulan. Dan gw juga sudah merasakan gimana menderitanya seorang anak kost kalo udah lewat tanggal 15. Dalam situasi gini pasti udah pada puter otak cari cara biar bisa bertahan hidup sampai awal bulan.

Nah, bicara soal kelaperan, kekurangan makan, dan yg sejenis, gw pernah punya pengalaman yg cukup unik nih...

    Waktu itu tanggal 6 November 2011 bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1432 H atau yg biasa dikenal dengan lebaran embek a.k.a Lebaran Qurban. Biasanya lebaran qurban nggak ada ceritanya kekurangan makan karena setiap rumah pasti pada pesta daging qurban. Tapi hal itu nggak berlaku buat gw dan sepupu gw.

(Sepupu gw nih)
    Sekedar info nih, sepupu gw ini cowok, umurnya 2 tahun di atas gw, kuliah di jurusan Radiologi. Dia udah gw anggep kakak gw sendiri. Selain gw emang nggak punya kakak, dia ini juga udah sering bantuin gw dalam banyak hal, dari yg paling kecil sampe yg paling besar sekalipun. Dan gw nggak akan pernah lupa sama kebaikan sepupu gw yg satu ini. Namanya Yudha. Dan menurut gw dia mirip banget sama Raditya Dika yg terkenal lewat bukunya Kambing Jantan. Sepupu gw juga udah berencana buat nulis buku yg judulnya; Kambing Ngondek.



    Nah, kembali ke tank...top!
    Lebaran Qurban ini gw sama sepupu gw nggak pulkam ke Lampung, karena schedule kami sebagai artis Ibu Kota padat banget cuy. Hahaha...

    Ehm! Maaf.
    Intinya hampir 95% penghuni kost pada pulkam kecuali gw sama sepupu gw (kami berdua ngekost di tempat yg sama).
    Selesai Sholat Ied, cacing di perut kami udah pada keroncongan. Maklum paginya nggak sempet sarapan karena pada bangun kesiangan. Dan mau sarapan pun kayaknya mustahil, karena emang nggak ada lauk. Hehehe..

    Dan tanpa pikir panjang lagi kami langsung ambil motor tetangga (nyolong donk?? Becanda) trus tancap gas nyari makan. 1 km, 2 km, 3 km, Utan Kayu, Salemba, Matraman, Rawamangun, udah kami lewati semua. Dan sialnya nggak ada tempat makan yg buka cuy! Sesuatu banget...secara men ini Jakarta, masa nggak ada yg buka? Dan perut ini udah nggak bisa diajak kompromi lagi.

(gw nggak kenyang cuy kalo cm segini)
    Akhirnya dengan berat hati gw sama sepupu gw memutuskan makan di Mc.D yg emang selalu buka 24 jam. Tapi kalian tau lah segimana sih porsi makan di sana? Porsi diet. Gw sama sepupu gw diet?? Wah, salah satu tanda kiamat tu. Gimana nggak, postur badan kami hampir sama cuy; sama-sama kurus. Dan kurus-kurus gini, porsi makan kami bisa disetarakan sama orang yg nggak pernah makan selama 1 bulan. Dari sini aja kan udah keliatan, porsi makan kami sama porsi menu di Mc.D itu kayak prinsip permintaan dan penawaran, berbanding terbalik.

    Tapi apa boleh baut, karena emang cuma di situ tempat makan yg masih buka. Yah paling nggak perut ini bisa keganjel dikit deh.

    Sorenya, seperti yg kami duga, lagi-lagi perut ini ngadain konser keroncong. Laper lagi cuy. Dan kayaknya nggak mungkin mau makan di Mc.D lagi. Akhirnya sepupu gw yg udah senior dalam hal ide-ide 'spektakuler' itu, mulai putar otak.

    Dia sms semua temen seperjuangannya. Kalau-kalau ada yg punya makanan lebih dan masih menetap di Jakarta, kan bisa kami satroni. Hehehee.. Alhasil dapetlah 1 orang korban kezaliman perut kami. Hahaha... Tapi nih orang baru bisa dikunjungi jam 7 malem. So, kami harus menderita dulu di kamar kost masing-masing selama 3 jam.

    Malam harinya, dengan perut yg semakin rame aja konsernya dan dengan wajah kelaparan, gw sama sepupu gw dateng ke kostnyaa....sebut saja Bunga (udah kayak diberita kriminal aja). Rencana awal sih mbak Bunga ini mau ngasih makanan dalam bentuk bungkusan, jadi bisa kami makan di kost. Tapi semua berubah saat Negara Api menyerang *bwoossshhh...

    Dia malah nawarin kami untuk makan di kostnya. Oke, apa boleh buat. Walaupun agak sungkan tapi daripada mati kelaparan??

    Akhirnya gw sama sepupu gw makan rendang yg maknyoss banget di situ. Piring pertama pun bersih udah kayak abis dicuci. Melihat tingkah kami yg kayak orang nggak pernah makan rendang itu, mbak Bunga mengatakan hal yg sangat kami tunggu-tunggu;

"Nambah tu, masih banyak nasinya"

    Dan tanpa pikir panjang lagi sepupu gw langsung membuka ronde ke-2. Trus gw? Duh, gw malu cuy, jaim juga. Secara gw baru kenal, langsung minta makan di kost dia yg dipenuhi temen-temennya yg lain, masa udah mau pake nambah?? Di sini lah gw merasakan perasaan orang yg terjebak antara rasa malu dan rasa lapar.

    Akhirnya dengan berat hati gw ngomong ala Mr.Krab yg ngasih gratisan ke Inspektur Makanan;

"Nggak deh, gw udah kenyang"

    Dan akhirnya gw kembali ke kost dengan perut yg masih keroncongan.

    Tapi subhanallah! Tuhan memang selalu bersama hambaNya yg teraniaya. Ibu kost sms ke hp gw. Awalnya bingung juga sih, perasaan uang kost udah lunas deh. Pas dibaca;

"Fif, ada jatah kambing qurban buat lu sama Yudha. Ambil di bawah (kamar kost gw di lantai 3)."

    Sms ini ibarat hujan di padang tandus (lebay). Dengan semangat '45 gw turun trus ngambil "penyambung nyawa" gw ini.

(bagi yg nggak tau tongseng, ini nih bentuknya)
    Setelah dibuka....isinya bikin gw terharu sampe-sampe gw nggak bisa membendung air mata ini; tongseng kambing + sambel teri + nasi porsi besar. Gw langsung sujud syukur di situ (nggak ding, cuma improvisasi).

    Akhirnya perut gw malem itu full tank. Belum lagi sepupu gw yg udah makan banyak di kost mbak Bunga tadi, cuma abis 1/2 dan sisanya gw yg ngabisin. Hahahaaa...

    Dan malam itu pun gw tidur dengan nyenyaknya. Sampe-sampe gw mimpi duduk di padang rumput dikelilingi kambing-kambing imut nan lucu yg siap gw masak jadi sate, gulai, dan tongseng. Hehehe..


Ayo pakai Pertamax Plus
--au revoir

No comments:

Post a Comment