Wednesday, December 21, 2011

Me Againts The World

Cek, cek, 1-2-3..
Ehmm..!

   Sebagai posting pertama di divisi "Dibalik Sebuah Nama" ini, gw secara eksklusif akan berdongeng tentang diri gw sendiri. Mohon dimaklumi atas segala kenarsisan dan kebodohan yg akan muncul setelah ini.

   Dilahirkan di kota kecil di Provinsi Lampung pada tanggal 30 Agustus 1993 di tengah-tengah keluarga yg sederhana, menjadikan gw bayi yg sederhana dan tidak neko-neko (emang ada gitu bayi yg neko-neko?). Sebagai anak pertama dalam keluarga, tentu saja kehadiran gw sudah sangat ditunggu-tunggu. Hal ini bisa dilihat saat gw baru aja lahir. Begitu gw brojol, bokap udah nyediain karpet merah tepat di 'pintu' kelahiran gw. Ditambah lagi dengan kilatan cahaya blitz kamera disana-sini, membuat gw kurang nyaman. Tapi alih-alih menangis, gw malah bilang "no comment please!"

(gw waktu umur 4 thn, masih polos)
   Yah, yg barusan cuma sedikit improvisasi aja biar kelahiran gw keliatan keren. Hahahaa... Tapi emang bener, sebagai anak pertama, kelahiran gw sangat ditunggu terlebih lagi gw cowok. Keluarga mana sih yg nggak pengen anak pertamanya cowok? Tapi gw yakin, kalo tau anak cowok pertamanya bakal jadi kayak gw, setiap ibu pasti mikir 2x untuk melahirkan.

   Nah, kembali ke tank....top! 5 tahun pertama gw jalani di kota kelahiran. Banyak orang bilang waktu kecil gw orangnya kalem, nggak banyak tingkah. Begitupun sekarang, banyak orang menilai gw pendiem, nggak banyak omong. Tapi jangan salah, walaupun raga nggak banyak tingkah, tapi pikiran gw selalu bertingkah. Segala sesuatu yg ada di sekeliling, selalu jadi bahan olahan pikiran gw. Tapi bukan hal-hal yg sepele kayak; "Kenapa kok bentuk kepala tu anak kotak?".


   Masa kecil gw dari TK sampai SD, gw lewati di Provinsi Jawa Timur. Dalam hal adaptasi gw belum menemui kesulitan karena pada dasarnya keluarga gw asalnya juga dari Jawa. Di sini gw ngabisin masa kecil selayaknya anak-anak lainnya. Main bola, petak umpet, main Playstation 2 (waktu itu baru-baru keluar ni) di rumah temen, pelorot-pelorotan celana waktu jam olahraga, (dan gw akui ini bikin parno) dan banyak hal yang tingkat kegilaannya cukup wajar untuk seumuran anak SD.

   Tapi satu hal bodoh yg g akan gw lupa seumur hidup, yaitu gw pernah kecebur di kali waktu main sepeda sama temen. Dan bukannya pulang ke rumah, gw malah kabur entah kemana karena takut bakal kena sembur bokap misalnya pulang ke rumah. Kalo dipikir-pikir lagi, tingkah gw bener-bener konyol waktu itu. Buat apa coba kabur? Malah menimbulkan kehebohan dan sensasi yg nggak perlu.

   Dan puncaknya waktu lulus SD, gw harus pindah ke Palembang. Katakanlah gw masih kecil waktu itu, tapi harus diakui berat banget buat berpisah sama temen-temen gw waktu itu. Yah, apa mau dikata, mau nggak mau gw harus pergi. Tapi saat itu gw janji sama diri gw sendiri, suatu saat nanti gw akan ke sana lagi, ketemu temen-temen masa kecil gw yg terbaik selama hidup gw. *ngomong pake gaya Bung Karno waktu pidato lengkap dengan peci

   Awal tahun ajaran baru 2005 gw mulai di Palembang tepatnya di kelas 7.2 SMPN 19 Palembang. Eh, cuma ngasih tau nih, gw diperingkat 4 lho waktu tes seleksi masuknya. *sombong :tampar
Waktu itu suwer dicium Angelina Jolie, gw masih polos banget. Logat jowo masih menempel erat seerat tahi lalat gw. Alhasil, gw dapet julukan "Suroboyo" waktu kelas 7 (1 SMP) dulu.

   Sebelum masuk, gw sempet ngerengek ke ortu dengan wajah amit-amit (harap jangan dibayangkan) supaya dibeliin sepeda baru buat kendaraan pergi ke sekolah nanti. Secara, waktu SD di Jatim dulu hampir 95% muridnya naik sepeda ke sekolah. Jadi gw pikir hal yg sama juga berlaku di Palembang.

   Nah... setelah dibeliin, hari pertama  masuk dengan pedenya gw ngontel sepeda ke sekolah baru. Dan anda tahu kenyataan apa yg saya dapati di lapangan pemirsa??? Yak! Kuper sekali! Ternyata, 100% muridnya TIDAK ada, gw ulangi lagi, TIDAK ada yg membawa sepeda! Bisa dibayangkan kan? Betapa gw terlihat sangat bodoh waktu itu.

   Yah, tapi nasi sudah menjadi lumpur (emang bisa?), akhirnya dengan menebalkan wajah, menigkatkan kepedean, dan menguatkan iman, gw lanjut ngontel sepeda sampe gerbang sekolah. Dan bodohnya, selama 2 mingguan gw  tetep naik sepeda ke sekolah. Entah apa yg adanya di pikiran aneh gw waktu itu. Maafkan kebodohan hambamu ini Ya Tuhan.

(gw wkt SMP, masih pada culun)
   Biarpun hari pertama gw bisa dibilang cukup memalukan, tapi selanjutnya gw nggak mengalami terlalu banyak kesulitan untuk adaptasi. Bahasa Palembang kurang lebih 3 bulan gw udah lumayan jago walaupun medok jawanya masih sering keluar.

   Nah, di SMP ini gw lumayan aktif (aktif ngusilin orang-orang). Ikut basket (cuma 1 thn sih), teather (gw paling demen waktu meditasi nih), ikut lomba-lomba pidato (cuma antar kelas sih. Wehehehee..), dan ngisi acara-acara sekolah.

   Naik ke kelas 8.1, lanjut 9.1, dan akhirnya tahun 2008 gw resmi jadi alumni SMPN 19 Palembang. Alhamdulillah jalan gw dimudahkan untuk lanjut ke SMA lewat jalur PMPA (plis jangan tonjok gw. Gw bukan mau sombong).

(lulus SMA)
   Dan akhirnya tahun ajaran baru 2008 gw resmi pake seragam putih abu-abu di SMAN 03 Palembang a.k.a SMANTA. Di sini gw ketemu banyak mahluk-mahluk extraordinary ciptaan Yg Maha Kuasa. Gw juga lumayan aktif di organisasi (Pentium, KIR, & Pa-Pi SMANTA) dan mulai aktif di kelas; aktif minggat, aktif nyontek, dan aktif tidur.

   Mulai dari kelas X.G, XI IPA C (di sini nih, kegilaan gw yg terkubur mulai bangkit), XII IPA D, dan akhirnya tahun 2011 seragam putih abu-abu gw resmi dicorat-coret dan dipenuhi tanda tangan para penggemar gw.

   Nah, sekarang gw udah dibangku kuliah. Alhamdulillah di PTK yg jadi favorit (tolong jangan ditonjok lagi, muka gw udah ancur). Belum ada cerita yg cukup 'mengerikan' sih di sini, la wong baru 2 minggu kok. Tapi insting gw mengatakan kelas gw sekarang ini cukup punya potensi untuk melakukan hal-hal bodoh. Yah, just wait and see.

   Demikian ulasan tentang sejarah terbentuknya mahluk aneh tapi keren yg menciptakan blog sederhana ini yg bernama Muhammad Rafif Anwar. Segala yg gw tulis 99% nyata tanpa rekayasa genetika.

Terimakasih.
Ayo, pakai helm berlogo SNI.

--fin

2 comments:

  1. jiaaa bole de ceritanya bisa ngibur akkuu :D

    ReplyDelete
  2. 1. baru tau kalo nasi bisa jadi lumpur :p
    2. jd terinspirasi brbgai mcm 'keaktifan'nya kak apip wktu dismanta
    3. gue penerus kk, (XI IPA C, XII IPA D) :D *gausahloncatkegirangangitudongmentang"kelasnyasamaan :p

    ReplyDelete